Jisoo BLACKPINK Memperkenalkan Geomungo Alat Musik Korea Ke Dunia

Blackpink

Syllaka – Kreasi musik Blackpink sering jadi pembicaraan hangat. Lumrah saja, girlband asal Korea Selatan yang dengan anggota Jisoo, Lisa, Rose, dan Jennie ini memang menarik. Tahun ini, Blackpink diberitakan come-back dengan lagu terbaru dengan judul Pink Venom. Dalam M/V memiliki durasi sekitar 3 menit lebih itu dibuka dengan Jisoo yang memainkan sebuah alat musik. Alat musik itu sebagai alat musik tradisional dari Korea Selatan, namanya Geomungo.

Diambil dari situs Unisa, geomungo atau hyeon-geum ini sebagai kecapi hitam. Dijelajahi dari sejarahnya, alat musik itu telah ada dari jaman Goguryeo. Karenanya, alat musik ini biasa disebutkan kecapi Goguryeo. Alat musik Korea ini terhitung ke alat musik petik. Dengan bahasa Korea (Hangeul), geomungo ditulis atau. Menurut babad (narasi) dalam Samguk Sagi (Riwayat Tiga Kerajaan), alat itu ditemukan dengan seorang perdana menteri namanya Wang San-ak. Selanjutnya diturunkan secara temurun dan menyebar luas ke semua negeri Ginseng itu.

Apabila sudah melihat M/V Pink Venom, pasti sudah mengetahui langkah memainkan alat musik itu. Seperti yang sudah dilakukan Jisoo, alat musik ini dimainkan dengan menuai cahayanya memakai tongkat bambu kecil namanya suldae. Langkah memainkan sekalian duduk. Disamping itu, alat musik itu sempat juga dimainkan dalam sebuah sinetron Korea dengan judul Empress Ki. Dalam sinetron itu, ada episode di mana Ha Ji Won memainkan geomungo. Dapat disebutkan alat musik tradisional Korea ini kuat dengan saat-saat kerajaan Korea Selatan.

Walau perubahan musik Kpop sekarang ini lebih kekinian, tidak berarti tidak dapat bekerjasama dengan budaya tradisional Korea Selatan. Lewat M/V terkini Blackpink itu, bisa ditunjukkan jika elemen budaya tradisional Korea bisa juga masuk ke industri Kpop. Hal ini disokong dengan outfit dan aksesori yang dikenai oleh Jisoo yang mana bawa nuansa tradisional Korea dalam video clip itu.

Di lain sisi, pembukaan Jisoo dengan memainkan geomungo itu memang memikat seakan ada daya karakteristik tertentu. Dikutip dari beragam sumber, dijumpai jika rupanya Jisoo Blackpink masih keturunan bangsawan. Karena itu, lumrah saja bila Jisoo terlihat pas yang membawa seni tradisional Korea itu sebagai pembukaan M/V Pink Venom.

Tanpa diakui, ini sebetulnya ikut menolong menyebarkan budaya tradisional Korea pada warga luar. Apa lagi saat sebuah seni tradisional itu ditampilkan oleh idol atau musikus Korea terkenal seperti Blackpink ini. Karena itu, tidaklah heran bila budaya tradisional Korea tetap lestari walau jaman terus berbeda.

Demikian informasi sepintas berkenaan apakah itu geomungo, alat musik tradisional Korea Selatan dimainkan Jisoo dalam M/V Pink Venom itu. Mudah-mudahan M/V Pink Venom ini bukan hanya melipur tetapi bisa juga memberikan inspirasi beberapa angkatan muda Indonesia untuk selalu berkreasi sekalian melestarikan budaya tradisional bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.